Tuesday, April 21, 2015

Kumpulan Puisi dan Pidato Hari Kartini

Drogpatravel.biz - Selamat hari kartini, dalam rangka memperingati hari kartini tanggal 21 April 2015 kali ini saya akan berbagi artikel mengenai kumpulan pidato dan puisi hari kartini, dan juga dp bbm hari kartini sebagai bonus nya untuk kalian semua. Sebelum lebih jauh melihat artikel mengenai hari kartini sebaiknya terlebih dulu kita ketahui siapa dan bagaimana sejarah singkat kartini. Raden Adjeng Kartini (lahir di Jepara, Jawa Tengah, 21 April 1879 – meninggal di Rembang, Jawa Tengah, 17 September 1904 pada umur 25 tahun) atau sebenarnya lebih tepat disebut Raden Ayu Kartini, beliau adalah seorang tokoh suku Jawa dan Pahlawan Nasional Indonesia. Kartini dikenal sebagai pelopor kebangkitan perempuan pribumi (emansipasi wanita). Hari Kartini ada sebagai penghormatan atas wujud perjuangan kaum perempuan, simbol persamaan gender, emansipasi wanita. Kartini ada sebagai pahlawan, bukan dengan tindakan kekerasan, tapi tetap radikal, demi memperjuangkan kebenaran yang dipercayainya.

Oleh karena itu sudah sepantasnya kita memperingati hari kartini, mengingat beliau sudah membawa perubahan yang sangat besar terutama bagi kaum perempuan. Berikut telah saya siapkan dp bbm hari kartini sebagai simbol memperingati momentum hari kartini. Juga untuk kalian yang sedang mencari pidato hari kartini maupun puisi hari kartini bisa melihat versi lengkapnya dibawah ini.


Contoh Pidato Hari Kartini

Assalamualaikum WRWB, selamat pagi hadirin sekalian. 
Pertama mari kita haturkan rasa syukur kepada Allah SWT karena dengan rahmatnya kita masih diberi kesempatan berkumpul di tempat ini dalam sebuah peringatan Hari Ibu Kartini yang diperingati setiap tanggal 21 April, Sholawat dan Salam semoga selalu terhaturkan kepada Nabi Muhammad SAW. menyambut hari lahir IBu Kartini yang telah berjuang dalam kehidupan wanita dalam hal in Emansipasi wanita, mari kita evauasi apakah Kita sebagai wanita telah mencontoh beliau. 
Dengan hadirnya kembali hari ini, tanggal 21 april sebagai hari Kartini, dalam kesempatan ini saya bermaksud akan menyampaikan pesan sehubungan dengan tema kita kali ini, tentu saja berhubungan dengan sosok seorang Wanita dalam kehidupan, Keluarga, Masyarakat maupun Instansi Negara dengan meneladani Ibu Kartini.  Beliau adalah sosok yang dikenal sebagai seorang pejuang hak hak wanita yang dahulu masih terbelakang dan tertindas, dengan contoh yang beliau kemukakakan akhirnya perempuan pelan pelan mendapatkan kesetaraan jender, namun dalam kasus ini justru Wanita akan mudah diperlakukan secara tak sewajarnya oleh kaum pria. maksud saya disini adalah, boleh saja seorang wanita bekerja, sekolah, pergi dimanapau kapanpun karena wanita sudah tidak lagi terkekang didalam rumah, namun menjaga diri penting bagi perempuan, tak semerta merta Emansipasi wanita harus membuat wanita melangkah terlalu jauh dengan mudah sekali terbawa pergaulan bebas, kita harus ingatkan poin ini kepada anak anak wanita kita, karena maksud dari emansipasi wanita tak kesana, namun dalam segi hal positif dapat digunakan peran dari wanita itu sendiri dalam permasalahan yang ada, di lingkungan dari Keluarga sampai negar, Wanita yang mulia bukan wanita rendahan, wanita mulia adalah yang mampu dan berani menjaga hak dan martabat nya. 
Maka dari itu, pada moment Hari Kartini ini mari kta evaluasi apakah, kita, putri kita, telah menjadi sosok wanita yang dimaksudkan Kartini? begitu juga dengan putra kita pakah sudah meletakkan posisi wanita dalam taraf yang benar yakni tak melecehkan status gender. semoga saja bisa 
Semoga dengan adanya Emansipasi wanita malah tak membuat harga diri wanita jadi rendah,dan justru sebaliknya. 
Sekian dari saya, mohon maaf jika ada kesalahan tutur kata, jika da benarnya maka dari Allah, dan jika banyak kesalahan maka dari saya sendiri. Wassalamualaikum wrwb.

Contoh Pidato Hari Kartini
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Saudara-saudara sebangsa dan setanah air, khususnya kaum Ibu yang kami hormati,
Pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT. karena atas limpahan rahmat, hidayat serta Inayat-Nya kita semua masih dapat melaksanakan perintah-perintah Allah serta mematuhi perintah-perintah yang digariskan oleh Pemerintah Republik Indonesia.

Ibu-ibu, serta Hadirin sekalian yang berbahagia,
Kita sebagai bangsa Indonesia khususnya kaum ibu-ibu atau kaum wanita ini tepatnya pada tanggal 21 April tahun ..... telah memperingati hari kebangkitan jiwa kaum wanita Indonesia, yang dipelopori oleh RA. Kartini. Karena kesuksesan perjuangannya di tengah-tengah masyarakat bangsa Indonesia, maka kini hari lahirnya RA. Kartini diperingati dan dirayakan untuk diteladani dalam membina masyarakat dan bahagia. Lebih-lebih dewasa ini dimana kaum wanita telah hidup setara dan sejajar dengan kaum laki-lakinya, wanitapun telah ikut ambil bagian. Pendeknya disemua bidang kaum wanita Indonesia tidak ketinggalan apa yang dikerjakan oleh kaum laki-laki. Dari yang jadi pesuruh sampai kepada menjadi menteri, duta besar dan lain sebagainya.

Saudara-saudara, khususnya kaum Ibu-ibu yang kami hormati.
Selanjutnya, bagaimana fungsi kedudukan kaum wanita menurut ajaran Islam?
Dengan jalan Al-Qur'an surat Al Baqooroh ayat 228, Allah menjelaskan:
وَلَهُنَّ مِثْلُ الَّذِي عَلَيْهِنَّ بِالْمَعْرُوفِ
Artinya:
"Kaum Wanita itu mempunyai dan kewajiban yang sama dengan kaum pria"

Dengan memperhatikan firman di atas jelaslah bahwa agama Islam memberikan kedudukan dan perhatian yang sebagik-baiknya terhadap kaum wanita, juga agama Islam memberikan hak dan kewajiban yang sama terhadap kaum wanita dengan kaum prianya, sesuai dengan alam dan fitranya masing-masing.

Misalnya saja kaum wanita dalam pandangan Islam mendapat jaminan hak milik, kaum wanita berhak untuk mendapatkan pendidikan dan pengajaran, berhak pula untuk mengeluarkan pendapat dan saran dan lain sebagainya.

Hadirin sekalian yang berbahagia,
Kita dalam memperingati hari RA. Kartini tahun ini, marilah kita tingkatkan pengabdian kepada Tuhan Yang Maha Esa, kita tingkatkan pula pengabdian kepada nusa dan bangsa juga kita lestarikan cita-cita luhur RA. Kartini sekaligus mencetak kader-kader kartini baru di dalam menyongsong era pembangunan ini.
Demikianlah pidato/sambutan dari kami dalam rangka memperingati hari Kartini, semoga ada manfaatnya bagi kita semua, khususnya bagi kaum remaja putri sebagai generasi bangsa, penerus cita-cita Kartini. Terima kasih atas segala perhatiannya dan mohon maaf atas segala kekurangan dan kekhilafannya.

Wabillaahit taufiq walhidayat wassalamu'alaikum warohmatullaahi wabarakatuh

Contoh Puisi Hari Kartini

Puisi Semangatmu Kartini
Penulis: Salva

habis gelap terbitlah terang
hal itulah yang ada di benakmu
dimana tidak ada pembatas
antara kita dan mereka
ingin kau hapuskan pembatas itu
ingin kau tunjukan pada meraka
bahwa tiada yang beda antara
kau kami dan mereka
kau korbankan jiwa ragamu
hidup matimu hanya untuk itu
kau percaya semangat
bahwa kami bisa yang mereka lakukan
usaha semangatmu tak pernah padam
walau banyak caci maki menghadang
kau ingin hapuskan dinding perbedaan
untuk selama-lamanya
hingga pada akhirnya kami pun
memetik hasil jerih payahmu
kartini kau tunjukan kau bisa
Kartini kau inspirasi kami
kartini kau inspirasi wanita negri ini
kartini kau ibu bagi kami
terima kasih atas jasa-jasamu
jasa-jasa yang telah menuntun kami
menjadi orang yang pantang menyerah
menjadi orang yang tak putus asa
terima kasih kartini
doa kami selalu bersamamu
-Selamat Hari Kartini-


Contoh Puisi Hari Kartini
Puisi Hari KartiniKarya : Minderway

Saat negeri kincir berkipas ria
Hidup seorang pemudi
Bertanah air Indonesia
Ialah Kartini

Lahir di Jepara
Dengan senyuman yang ria
Dan kecantikannya...
Menabur pesona Indonesia

Ia lahir untuk satu tujuan
Menunjukan kepada seluruh umat
Bahwa... Wanita tak sekedar bujangan
Melainkan sebagai jemaat

Ia berkorban demi...
Mengangkat derajat wanita
Mengharumkan melati
Menjadikannya sempurna

Berusaha tetap maju
Bersikeras mulia
Membangun kerajaan baharu!
Pria dan wanita

Tatkala ia bergobar hati
Ia terus bangkit dan berjuang
Menghadapi kepahitan negeri
Bahwa wanita adalah pejuang!

Sungguh ialah seorang pahlawan
Sebab ia telah menang!
Menyadarkan lawan
Untuk berpikir panjang

Hai kawan-kawanku
Janganlah merendahkan wanita
Sama halnya dengan ibu
Ialah yang membawa kita semua

Hendaknya kita menyadari
Betapa pilu perjuangan ia
Menyinari bahari
Mari rayakan harinya bersama!

Contoh Puisi Hari Kartini

Puisi Untuk Ibu Kartini
Penulis: Red face

Ibu Kartini
Kau adalah teladan bagi kami
Kau sejajarkan kami di mata dunia
Kau adalah cerminan bagi kami

Ibu Kartini
Meski kau telah tiada
Namun semangat dan perjuanganmu
Masih menyemangati kaum hawa di seluruh nusantara
untuk ikut berperan serta dalam pembangunan bangsa Indonesia

Lihatlah kini kartini-kartini sekarang
Yang terus berjuang dalam semangatmu
Mulai dari guru sampai capres
Mulai dari dapur sampai Istana
Semua kini bisa berkarya
Walaupun terkadang masih direndahkan
Walau terkadang masih dilecehkan

Tapi

Mereka kini bisa berkarya
Tidak hanya sekedar meminta
Dan sekedar menerima

Lihatlah ibu

Betapa agung perjuanganmu
Kini aku bisa ikut berbangga
Melihat hasil perjuanganmu
Sekarang para kartini muda

Selamat hari Kartini.. Terima kasih Ibu Kartini


DP BBM Hari Kartini Terbaru






Demikianlah artikel mengenai pidato hari kartini, puisi hari kartini serta dp bbm hari kartini yang dapat saya bagikan kali ini, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Selamat hari kartini, semoga kebaikan beliau dapat menjadi teladan bagi kita semua. 

Kumpulan Puisi dan Pidato Hari Kartini Rating: 4.5 Diposkan Oleh: LordTatsu