Sunday, September 14, 2014

Cara Membuat dan Memasak Ketupat Lebaran

Hari raya baik itu lebaran / Idul Fitri, ataupun hari raya kurban / Idul Adha identik dengan Ketupat Raya atau sering juga disebut ketupat lebaran. Nah kali ini Artikel Unik Menarik akan memberikan cara membuat ketupat lebaran dan cara merebusnya serta tips agar ketupat yang kita buat nanti bisa lezat dan tahan lama. Sebagian orang memilih membeli kulit ketupat dari pedagang daripada membuatnya sendiri, bukan karena malas membuatnya namun kebanyakan dari mereka karena tidak bisa membuat ketupat lebaran sendiri. Namun kali ini anda bisa mencobanya sendiri dirumah dengan melihat dan membaca cara menganyam ketupat yang sudah saya siapkan disini. Eit, buat para pedagang jangan keburu marah dulu ya, saya tidak bermaksud untuk menyarankan agar mereka tidak membeli ketupat buatan anda, tapi hanya sekedar berbagi, siapa tahu mereka justru juga bisa berjualan seperti anda, tidak ada salahnya berbagi rejeki, karena rejeki itu sudah ada yang mengaturnya.

Baiklah kembali ke parmasalahan, sebenarnya cara membuat ketupat itu tidak sulit kok, yang penting kita teliti dan mau belajar, lagi pula menganyam ketupat sendiri itu lebih mengasyikan daripada kita membeli ketupat yang sudah jadi, karena moment-moment ini adalah moment yang paling ditunggu umat muslim khususnya di Indonesia. Baiklah kepada para pembaca setia Artikel Unik langsung saja lihat dan pelajari Cara Membuat dan Memasak Ketupat Lebaran selengkapnya dibawah ini.

Alat dan bahan menganyam ketupat :
  • Janur ( daun kelapa yang masih muda ).
  • Air untuk mencuci ketupat / janur
  • Cutter / pisau

Cara membuat / menganyam ketupat dengan janur :
Untuk lebih mudah mempelajarinya saya sudah menyiapkan gambar cara menganyam ketupat yang bisa anda lihat dan praktek kan langsung dirumah. Tapi sebelum membuatnya ada baiknya untuk mencuci janur terlebih dahulu agar lebih higienis. Jika ingin terlihat bagus pilihlah janur yang berwarna hijau dan kuning agar ketupat yang dibuat lebih cantik karena dibuat dengan dua warna.

1. Pisahkan antara lidi dengan daunnya menggunakan cutter / pisau.


2. Gulung janur sampai tiga kali gulungan di tangan kiri dengan posisi bagian pangkal janur menghadap ke atas. Ambil janur satu lagi, lalu gulungkan juga pada tangan kanan sebanyak tiga kali. Tapi kali ini posisi pangkal janur menghadap ke bawah. 


3. Buatlah kedua gulungan janur menjadi saling bersilangan. Tapi janur harus tetap dalam keadaan posisi tergulung. Ambil salah satu ujung janur lalu putar ke belakang susunan janur tadi. Masukkan ujung janur yang sudah diputar ke belakang tadi, menuju ke janur yang berada pada posisi tengah. Cara memasukkan janur tadi dilakukan seperti mengayam. 


4. Teruskan ayaman janur tadi sampai bawah. Dan lakukan hal yang sama pada ujung janur yang satunya lagi.Pangkal janur yang telah berada di samping, langsung bisa diayam ke atas. Lakukan hal seperti ini pada kedua pangkal janur hingga bertemu di bagian atas ketupat dan bagian ujung janur bertemu di bagian bawah.


5. Karena kulit ketupat yang kita buat belum kencang alias masih lolos beras kalo dimasukkan, maka kulit ketupatnya kita rapikan seperti gambar diatas


6. Dan jadilah ketupat yang cantik dengan dua warna menarik dan siap untuk di isi beras lalu di rebus.



Buat sebanyak yang anda inginkan, setelah mendapat 5-10 ketupat tali ujung janur ketupat satu dengan lainnya menjadi satu agar memudahkan kita saat merebusnya nanti.

sumber gambar : http://womenworld.blogdetik.com/2011/06/13/bikin-ketupat-ga-susah-kok/

Bahan yang dibutuhkan untuk memasak ketupat lebaran :
  • Kulit ketupat yang sudah kita anyam tadi
  • 2 kg Beras, atau secukupnya
  • Air kapur sirih, sedikit saja (opsional bila suka)
  • Air secukupnya

Cara Merebus Ketupat lebaran :
  1. Siapakan kulit ketupat. Cuci bersih kulit ketupat tapi jangan sampai merusak bentuk ketupat kemudian tiriskan.
  2. Cuci bersih beras, rendam dalam air dingin dan tambahkan air kapur sirih selama kurang lebih 3 jam. Tiriskan.
  3. Isi kulit ketupat atau janur dengan beras hingga 2/3 bagian.
  4. Masukkan ketupat yg sudah berisi beras (3/4 panci), 
  5. Lalu isi air sampai tertutup seluruh bagian ketupat (lebihkan sedikit), 
  6. Mulai masak ketupat, tambah air rebusan jika air tampak berkurang. Untuk panci biasa ketupat akan matang sekitar 3-4 jam, sedangkan untuk panci bertekanan disesuaikan dg cara pakai dr panci.
  7. Jika sudah matang angkat dan angin-anginkan agar dingin sehingga mudah dipotong, bisa dengan digantung ujungnya.

Tips Agar Ketupat Matang Sempurna serta Kenyal dan Tidak Mudah Basi :
  1. Pilihlah daun kelapa yang berwarna kuning muda kehijauan atau yang tampak segar agar hasil jadi ketupat lebih bersih dan putih.
  2. Usahakan kulit ketupat mempunyai ukuran yang sama agar matangnya secara bersamaan.
  3. Untuk beras yang digunakan adalah beras yang menghasilkan nasi pulen. Seperti beras rojolele, pandan wangi, mentik spesial, atau sesuai selera anda.
  4. Supaya ketupat menjadi gurih dan kenyal. Tambahkan sedikit air kapur sirih pada beras yang sudah dicuci sebelum dimasukkan ke dalam janur kulit ketupat. Fungsi dari air kapur sirih juga bisa membuat ketupat lebih awet dan tidak cepat basi. Supaya rasanya lebih gurih, kalau suka tambahkan sedikit garam pada beras.
  5. Bila saat merebus, air rebusan ketupat mulai berkurang, tambahkan lagi air panas agar ketupat tetap bersih dan tidak terlihat kotor saat matang.
  6. Supaya ketupat menjadi lebih tahan lama dan tidak mudah basi saat memasak ketupat dalam jumlah banyak, anda bisa memasukkan ketupat yang sudah di angin-anginkan tadi ke dalam lemari es. Sesaat sebelum dihidangkan lagi, keluarkan dan biarkan ketupat beberapa lama sampai dinginnya berkurang. Kemudian, rebus di dalam air mendidih sekitar kurang lebih 30 menit lalu dinginkan kembali jika anda melakukannya dengan benar insyaAllah rasanya akan tetap kenyal dan legit.
Nah itulah tadi Cara Membuat dan Memasak Ketupat Lebaran serta tips agar ketupat matang sempurna, serta kenyal dan tidak cepat basi. Semoga dengan adanya Resep Masakan ini dapat bermanfaat khususnya bagi anda yang ingin belajar memasak.

Cara Membuat dan Memasak Ketupat Lebaran Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Caffe Coffee