Sunday, June 29, 2014

Resep Cara Membuat Manisan Kolang Kaling Sederhana

Untuk update Resep Minuman Buka Puasa kali ini Artikel Unik akan berbagi Resep Cara Membuat Manisan Kolang Kaling Sederhana. Pasti sudah tau kan dengan minuman yang satu ini, namun sudahkah kalian tahu cara membuatnya? Namun sebelum kita membaca resep manisan kolang kaling nya kami akan sedikit berbagi pengetahuan mengenai kolang kaling. Jadi apa si sebenarnya kolang-kaling itu?

Kolang-kaling (buah atap) adalah nama cemilan kenyal berbentuk lonjong dan berwarna putih transparan dan mempunyai rasa yang menyegarkan. Kolang-kaling merupakan salah satu produk yang berasal dari sebuah pohon yang bernama Aren. Pada bulan puasa, masyarakat beragama Islam menjadikan kolang kaling sebagai menu khas. Produk olahan kolang kaling ini mempunyai nilai ekonomi tinggi. 

Dan untuk manfaatnya Kolang kaling selain dapat dimanfaatkan untuk bahan aneka makanan dan minuman, kandungan seratnya juga baik untuk kesehatan. Serat kolang kaling dan serat dari bahan makanan lain yang masuk ke dalam tubuh menyebabkan proses pembuangan air besar teratur sehingga dapat mencegah kegemukan atau obesitas. Jadi tunggu apa lagi ayo buruan konsumsi kolang-kaling, salah satu olahannya yang bisa kalian buat sendiri di rumah anda adalah Manisan Kolang Kaling, nah penasaran bagaimana membuatnya? Langsung saja ini dia Resep Cara Membuat Manisan Kolang Kaling Sederhana selengkapnya.

Resep Manisan Kolang Kaling Sederhana


Bahan Membuat Manisan Kolang kaling Sederhana
  • 1 kg kolang kaling muda
  • 400 gr gula pasir
  • 10 butir cengkih
  • 5 cm kayu manis
  • 2 lembar daun pandan, ikat simpul
  • 1.2 liter air
  • Sedikit pewarna merah dan hijau untuk makanan
Cara Membuat Manisan Kolang kaling Sederhana
  1. Rebus air bersama gula pasir, cengkeh, kayu manis, daun pandan hingga mendidih dan keluar aroma harum.
  2. Masukkan kolang-koling dalam api kecil hingga kolang-kaling matang. Tambahkan sedikit pewarna, bila suka. Angkat.
  3. Simpan dalam lemari es hingga saat dihidangkan.

Nah itulah tadi Resep Manisan Kolang Kaling Segar beserta informasi khasiat dan manfaat kolang kaling, semoga dengan adanya artikel ini dapat memberi inspirasi kepada semuanya, selamat mencoba. Tapi tunggu dulu jika kalian belum mempunyai jadwal imsakiyah ramadhan silahkan lihat Jadwal Imsakiyah 1435 Puasa Ramadhan 2014 mudah-mudahan bermanfaat.

Resep Cara Membuat Manisan Kolang Kaling Sederhana Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Caffe Coffee