Tuesday, April 7, 2015

Contoh Karya Ilmiah Tentang Kebersihan Terbaru

Apakah kalian sedang mencari contoh karya ilmiah untuk mengerjakan tugas bahasa indonesia yang diberikan oleh guru sekolah kalian? Jangan khawatir, karena dibawah ini sudah kami sediakan khusus untuk anda yang mau mengerjakan dan memiliki kemauan untuk mengerjakannya. Untuk contoh karya ilmiah yang akan kami bagikan kali ini adalah karya ilmiah tentang kebersihan, mengingat saat ini banyak sekali orang yang kurang perduli dengan kebersihan lingkungan, padahal kebersihan lingkungan sangat besar pengaruhnya terhadap kehidupan kita, baik dari segi kenyamanan juga dari segi kesehatan, karena apabila lingkungan kita kumuh dan kotor maka bakteri akan mudah berkembang biak dan penyakit akan sangat mudah menyerang kesehatan kita.

Mudah-mudahan dengan adanya contoh karya ilmiah tentang kebersihan ini dapat membantu meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan lingkungan serta tercipta lingkungan yang bersih dan sehat. Baiklah bagaimana cara-cara dan solusinya agar kebersihan lingkungan kita tetap terjaga, langsung saja baca Contoh Karya Ilmiah Tentang Kebersihan Terbaru selengkapnya dibawah ini.

KARYA ILMIAH

KEBERSIHAN LINGKUNGAN


DISUSUN OLEH :

NATA 

KELAS : X

SMA NEGERI 48 FONTANA
2013


Kata Pengantar

Puji dan syukur kami panjatka kehadiran Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat dan karunian-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan karya ilmiah ini dengan judul “Kebersihan Lingkungan”. 

Karya ilmiah ini disusun dalam rangka memenuhi tugas kelompok di mata pelajaran Bahasa Indonesia . Kami menyadari bahwa dalam penyusunan karya ilmiah ini masih jauh dari kesempurnaan .Untuk itu kami sangat mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun guna sempurnanya karya ilmiah ini . 

Selanjutnya terima kasih penulis, disampaikan kepada yang terhormat Guru Bahasa Indonesia kami, Ibu  Desitha, Spd. Kami berharap semoga karya ilmiah ini dapat bermanfaat bagi pembaca umumnya dan bagi kami khususnya .

Fontana, 17 Juni 2013   

Penulis

BAB I
PENDAHULUAN

A.   Latar belakang
Kebersihan lingkungan merupakan keadaan bebas dari kotoran, termasuk di dalamnya, debu, sampah, dan bau. Di Indonesia, masalah kebersihan lingkungan selalu menjadi perdebatan dan masalah yang berkembang. Kasus-kasus yang menyangkut masalah kebersihan lingkungan setiap tahunnya terus meningkat.

Problem tentang kebersihan lingkungan yang tidak kondusif dikarenakan masyarakat selalu tidak sadar akan hal kebersihan lingkungan. Tempat pembuangan kotoran tidak dipergunakan dan dirawat dengan baik. Akibatnya masalah diare, penyakit kulit, penyakit usus, penyakit pernafasan dan penyakit lain yang disebabkan air dan udara sering menyerang golongan keluarga ekonomi lemah. Berbagai upaya pengembangan kesehatan anak secara umum pun menjadi terhambat.

B.   Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah dikemukakan, penulis merumuskan beberapa masalah yang akan dibahas dalam karya tulis ilmiah, yaitu: 
  • Bagaimana kepedulian masyarakat terhadap kebersihan lingkungan?
  • Bagaimana cara menjaga kebersihan lingkungan di sekitar kita?


C.   Tujuan Penelitian
  • Supaya kebersihan lingkungan di sekitar kita tetap terjaga.
  • Meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan lingkungan.


D.   Metode dan Teknik Penelitian
Untuk mendapatkan data dan informasi yang diperlukan, penulis menggunakan metode observasi dan kepustakaan. Adapun teknik-teknik yang dipergunakan pada penelitian ini adalah sebagai berikut :
  1. Teknik Pengamatan Langsung, pada teknik ini penulis terjun langsung meneliti ke lapangan untuk mengetahui bagaimana kebersihan lingkungan dan bagaimana peranan pelajar terhadap masalah kebersihan lingkungan.
  2. Teknik Wawancara, tujuan dari teknik wawancara ini adalah agar diperoleh gambaran yang lebih mengenai kasus yang dibahas. Responden meliputi para pelajar, para pengajar, masyarakat sekitar, dan ahli kebersihan lingkungan hidup sebagai sumber informasi mengenai studi kasus masalah kebersihan lingkungan.
  3. Studi Pustaka, pada metode ini, penulis membaca buku-buku dan tulisan yang berhubungan dengan penulisan karya ilmiah serta yang berkaitan dengan masalah lingkungan hidup dan perilaku rem aja.


E.   Sistematika Penulisan
Pada karya ilmiah ini, penulis akan menjelaskan hasil penelitian di lapangan dimulai dengan bab pendahuluan. Bab ini meliputi latar belakang masalah, perumusan masalah, tujuan penelitian serta sistematika penulisan. Bab selanjutnya, penulis melakukan penelitian lapangan.

BAB II
PEMBAHASAN

A.   Kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan
Kebersihan sebuah cerminan bagi setiap individu dalam menjaga kesehatan yang begitu penting dalam kehidupan sehari-hari.  Dan seperti yang kita ketahui bahwa kebersihan merupakan suatu keadaan yang bebas dari segala kotoran, penyakit, dan lain lain, yang dapat merugikan segala aspek  yang menyangkut setiap kegiatan dan perilaku lingkungan masyarakat. Dan sebagaimana di ketahui bahwa kehidupan manusia sendiri tidak bisa dipisahkan baik lingkungan alam maupun lingkungan sosial. Maka sebagai individu harusnya segala aspek  yang ada dalam masyarakat harus dapat menjaga kebersihan lingkungan. Karena tanpa lingkungan yang bersih setiap individu maupun masyarakat akan menderita sebab sebuah faktor yang merugikan seperti kesehatan. Kesehatan itu begitu mahal harganya. Sehingga semuanya harus di olah dengan baik . Lingkungan yang kotor berarti penganggu kesehatan yang juga berarti membuat bibit penyakit. Namun segala sesuatu ada kata perubahan hanya saja dalam segala persoalan-persoalan, semua ini tidak dapat dijalankan tanpa sebuah kesadaran dari setiap individu masyarakat maupun kelompok masyarakat untuk menjaga kebersihan, Maka Kebersihan itu tidak akan berguna dan menimbulkan banyak kerugian. Sebagaimana kita ketahui bahwa pandangan masyarakat tentang sadar lingkungan sangatlah minim/kurang.

B.   Cara Menjaga Kebersihan Lingkungan
Berikut Tips dan trik menjaga kebersihan lingkungan:
  • Dimulai dari diri sendiri dengan cara memberi contoh kepada masyarakat bagaimana menjaga kebersihan lingkungan.
  • Selalu Libatkan tokoh masyarakat yang berpengaruh untuk memberikan pengarahan kepada masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.
  • Sertkan para pemuda untuk ikut aktif menjaga kebersihan lingkungan.
  • Perbanyak tempat sampah di sekitar lingkungan anda;
  • Pekerjakan petugas kebersihan lingkungan dengan memberi imbalan yang sesuai setiap bulannya.
  • Sosialisakan kepada masyarakat untuk terbiasa memilah sampah rumah tangga menjadi sampah organik dan non organik.
  • Pelajari teknologi pembuatan kompos dari sampah organik agar dapat dimanfaatkan kembali untuk pupuk;
  • Kreatif, Dengan membuat souvenir atau kerajinan tangan dengan memanfaatkan sampah.
  • Atur jadwal untuk kegiatan kerja bakti membersihkan lingkungan.


BAB III
PENUTUP

A.   Kesimpulan
Dari hal tersebut kita dapat mengambil kesimpulan bahwa masyarakat masih belum peduli terhadap kebersihan lingkungan sekitarnya. Kebanyakan dari mereka berfikir secara parsial dan hanya ingin menguntungkan diri sendiri, seperti masalah pembuangan sampah yang tidak pada tempatnya,  pembungan limbah pabrik, polusi udara, pencemaran air, dan lain-lain. Kasus-kasus yang menyangkut masalah kebersihan setiap tahunnya selalu meningkat. Dan mengakibtakan keadaan yang merugikan kota medan contohnya : banjir yang baru-baru ini terjadi karena banyaknya sampah yang menumpuk di parit-parit rumah dan kanal air. Dengan sebuah perumpaan yang dapat di bandingkan dengan teknologi maka dapat di perhatikan bahwa secanggih-canggihnya teknologi tanpa didasari dengan kebersihan maka, teknologi itu akan hancur. Jadi, dari hal tersebutlah kita harus menyadari kebersihan itu penting. Marilah kita menjaga kebersihan secara bersama-sama.

B.   Saran
Penulis menyadari bahwa dalam penulisan karya tulis kebersihan lingkungan disekitar kita ini masih banyak terdapat kekurangan baik dari segi materi, isi materi, cara penulisan karya tulis ini, untuk itu penulis meminta saran dari pembaca semua untuk bisa makalah ini bisa lebih sempurna lagi untuk penulisan berikutnya. Atas perhatian pembaca penulis ucapkan terima kasih.

Nah itulah tadi Contoh Karya Ilmiah Tentang Kebersihan Terbaru yang bisa kami berikan kali ini mudah-mudahan dapat membantu sobat semua, khususnya untuk kalian yang sedang mencari tugas karya ilmiah tentang kebersihan. Pastikan juga kalian tidak melewatkan artikel tentang Contoh Pidato Tentang Kebersihan yang juga bisa menjadi referensi untuk karya ilmiah yang lebih baik.

Contoh Karya Ilmiah Tentang Kebersihan Terbaru Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Caffe Coffee