Drogpatravel.biz - Contoh Makalah Tentang Kewirausahaan, pada kesempatan kali ini drogpatravel kembali akan memberikan contoh makalah yang dapat kalian jadikan sebagai referensi untuk tugas kalian dan seperti artikel yang sebelumnya artikel tentang makalah ini juga merupakan sebuah makalah yang sudah melalui tahap seleksi dan merupakan makalah bertema kewirausahaan terbaik yang pantas untuk kalian jadikan contoh. Jika kalian mendapati tugas untuk membuat sebuah makalah maka contoh makalah tentang kewirausahaan ini dapat sangat membantu tugas kalian. Lihat juga Contoh Karya Ilmiah Tentang Kebersihan Lingkungan.
Seperti kita ketahui bahwa dalam membuat makalah diperlukan pemikiran yang matang, selain itu susunan kerangka makalah juga merupakan sumber acuan sebelum kita menyusun makalah. Untuk itu disini saya telah menyiapkan panduan dan rangkaian cara membuat makalah mulai dari pendahuluan, isi, hingga penutup. Dan sebagai contoh makalaah yang saya angkat disini adalah tentang kewirausahaan. Untuk lebih lengkapnya lagi silahkan lihat contoh makalah tentang wirausaha atau kewirausahaan yang benar dibawah ini.
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang Usaha
Aksesoris motor
merupakan suatu pernak-pernik unik yang biasa digunakan untuk merubah tampilan
motor, dengan tujuan untuk memperindah atau menjadikan motor terilahat lebihmenarik.
Oleh karena itu,
aksesoris motor lebih diminati banyak orang, merintis usaha baru dengan membuka
toko aksesoris merupakan suatu pilhan usaha yang diharapkan dapat mendatangkan
keuntungan yang lumayan.
Hal inidikarenakan,
aksesoris banyak diminati oleh sebagian besar anak muda sehingga permintaan
akan barang aksesoris tersebut juga banyak.
Dengan adanya peluang dan banyak peminat maka
memulai usaha baru dengan membuka toko aksesoris merupakan sesuatu pilihan yang
cukup tepat.
Dengan memproduksi
barang yang unik, lucu dan bagus serta harga yang relative terjangkau, maka
akan dapat menarik minat banyak orang untuk membeli.
B.
Prospek
Peluang / Kesempatan
Tempat
Strategis
Kami akan membuka toko
aksesoris motor tersebut di pinggir jalan besar / utama , tempat ini saya kira
sangat strategis , selain jalan yang dilewati banyak orang, masyarakat
jugamembuat tempat ini menjadi pusat perhatian karena tempat ini berhadapan
dengan terminal Raja Basa.
Persaingan
Banyak nya pesaing yang
merberikan kualitas buruk membuat kami optimis untuk menjalan kan bisnis ini.
Lingkungan
Lingkungan sangat
mendukung karena tempat ini menjadi pusat perbelanjaan di wilayah ini. Selain
di depan pasar, tempat ini juga terletak di pinggir jalan utama sehingga banyak
pengendara yang akan melihat.
BAB
II
VISI
DAN MISI
A.
Visi
dan Misi :
Memberi kan pelayanan
terbaik pada pelanggan, merupakan kesuksesan bagi usaha kami.
Usaha Aksesoris Motor
ini perlu memiliki skill sesuai kemampuan untuk menjalankan nya, dengan adanya
skill , ini maka kami dapat menjalankan usaha ini dengan baik dan mampu meraup
income yang cepat. Pada saat ini usaha telah berjalan dan kami akan
mengembangkan tempat usaha dengan cara memberikan tempat tunggu yang nyaman
supaya pelanggan betah dan cara pemasaran melalui web.
BAB III
SETRATGI PEMASARAN &
DIAGRAM PEMASARAN
A.
Strategi
Pemasaran
Produk yang Kami tawarkan memiliki nilai tambah dan
berkualitas. Untuk menaikan nilai tambah, kami mencoba untuk memberikan hasil
pemasangan yang rapi dan menarik serta berkualitas baik. Pemasaran ke toko
(distributor) mendapat perhatian khusus, paling lama satu bulan se kali setiap
distributor harus di cek, untuk mengetahui apakah produk laku atau tidak.
B.
Diagram
Permintaan
Dengan meningkat nya
permintaan pasar yang cukup signifikan pertahun nya. Usaha yang sudah dijalani
ini adalah jenis usaha yang cukup menjanjiakan. Kami memilih usaha ini karena
menurut kami yang membuka usaha ini masih minim dan usaha ini cukup menjanjikan
untuk dikembangkan. Dengan target pasar “Universal” semua kalangan dari anak
pelajar, mahasiswa, pegawai dan lain lain.
BAB IV
ANALISIS PESAING
A.
Persaingan
Bisnis:
·
Sama – sama menajalan kan bisnis
aksesoris motor
·
Membuka usaha dipinggir jalan
·
Menjual dengan harga Terjangkau
·
Penyediaan ruang tunggu
B.
Posisi
dalam persaingan:
·
Memiliki perbandingan dengan pesaing 35%
: 65%
C.
Distribusi
Pangsa pasar:
·
Promosi melalui Web / blog
·
Brosur
·
Konsumen ke konsumen
D.
Kelebihan
disbanding pesaing:
·
Servis order terpasang rapih
·
Pelayanan yang baik
·
Ruang tunggu yang nyaman dengan
fasilitas wifi
·
Mendapat air mineral
·
Full music
·
Majalah otomotif
BAB V
TUJUAN DAN STRATEGI USAHA
A.
Tujuan
usaha jangka panjang:
·
Membuka cabang usaha di daerah Pringsewu
·
Target anak – anak muda khusus nya
pelajar dan mahasiswa
·
Mulai dari kalangan menengah kebawah
B.
Strategi:
·
Memberikan kualitas terbaik terhadap
pelanggan
·
Ruang tunggu yang nyaman
BAB VI
RENCANA OPRASI DAN MANAGEMENT
A.
Fasilitas
& Pengembangan Usaha
Ruang
tunggu konsumen
Di dalam usaha ini kami
mengembangkan tempat usaha seperti member pelayanan fasilitas tunggu yang
nyaman karena dsini Kami lengkapi dengan kursi panjang, wifi, kipas, free air
mineral, mp3, majalah otomotif sehingga konsumen tidak bosan saat menunggu.
Adapun yang kami
kembangkan lagi ialah pemasaran tempat usaha melalui website / blog malalui
media itu konsumen mampu memilih – milih aksesoris apasaja yang ingin di order
dan dipasang pada kendaraan nya ( konsumen pun dapat memanggil mekanik untuk
pemasangan kerumah nya, “tentu nya ini akan diadakan biaya cas sesuai jauh
dekatnya” dan kami memberi batasan – batasan daerah order + pemasangan kecuali
hanya order aksesoris.)
BAB VII
LAPORAN KEUANGAN
Alat
– alat usaha yang di butuhkan aksesoris motor:
·
Steples tembak : Rp. 120.000
·
Isi streples : Rp. 15.000
·
Heat gun : Rp. 250.000
·
Cutter
:
Rp. 35.000
·
Gergajibesi : Rp. 12.000
·
Kunci – kunci : Rp. 164.000
·
Obeng / 2 x @10.000 : Rp. 20.000
·
Palu : Rp.7.000 +
Jumlah : Rp.623.000
Biaya
sewa toko : Rp. 500.000
Kursi
plastik 6 : Rp. 132.000
Meja
panjang :
Rp. 250.000 +
Jumlah :
Rp.882.000
Fasilitas:
Wifi :Rp. 250.000
2
buahKipas angin gantung :Rp.65.000
Air
mineral :Rp.
16.000 +
Jumlah :Rp.
396.000
Produk dan aksesoris motor yang ditawarkan:
Sarung
jok / 70 x @20.000 :Rp. 900.000
Sarung
tangan /20 pc x @20.000 :Rp. 400.000
Masker
/ 25 x @10.000 :Rp. 250.000
Skotlet
/ 15 x @10.000 P, 15 x @20.000W :Rp.
450.000
List
pelk / 15 x @10.000 :Rp. 150.000
Baut
warna / 30 x 400 :Rp. 12.000
Spion
/ 15 pc x @15.000 :Rp. 225.000
Tutup
pentil / 25 x @3000 :Rp. 75.000
Stiker
/ 5 bks (10 stikerkecil) x @ 1.500,
stikerbesar
25 x @8000 :
Rp. 275.000 +
Jumlah :Rp.
2.737.000
Harga
sarung jok dan biaya pemasangan : Rp.
40.000
Sarung
tangan : Rp.
25.000
Masker : Rp.
15.000
Skotlet : Rp.
20.000
Lisplek : Rp.
20.000
Baut
warna : Rp.
6.000
Sepion : Rp.
25.000
Tutup
pentil : Rp.
5.000
Setiker : Rp.
4.000 +
Total : Rp. 160.000
Ø Target
pejualan dalam 1 hari menjualmasing-masing 5 aksesoris
Ø Total
penjualan sehari (160 x 5) :
Rp.800.000
Ø Laba
per Bulan (800.000 x 30 hari) :
Rp.24.000.000
Ø Laba
per Tahun (24.000.000x12 bln) :
Rp.288.000.000
Biaya
satu tahun pertama meliputi:
ü Biaya
sewa tempat/tahun : Rp. 6.000.000
ü Biaya
Bahan @ 2.737.000/5hari : Rp. 197.440.000
ü Biaya
Air mineral @16.000/bln : Rp. 192.000
ü Biaya
pegawai 1 orang @ 600.000 : Rp.14.400.000 +
Total
Biaya 1 tahun : Rp. 218.032.000
Penetapan
Modal Kembali:
ü Penjualan
per Tahun : Rp. 288.000.000
ü Biaya
1 tahun Pertama : Rp. 218.032.000
ü Laba
Bersih Per Tahun : Rp. 69.968.000
Modal:
Perhitungan modal kerja
operasi bersih =
(Kas+piutang
dagang+persediaan) – (Utang dagang+Accrual) + Fixed Asset
Modal kerja :
(2.737.000 + 396.000) - 0 + 1.505.000 = 4.798.000
Rencana Keuangan:
Proyeksi arus kas 5
tahun ke depan
Periode
|
Tahun
1
|
Tahun
2
|
Tahun
3
|
Tahun
4
|
Tahun
5
|
Investasi
|
4.798.000
|
5.798.000
|
6.798.000
|
7.798.000
|
8.798.000
|
Pendapatan (rinci):
Periode
|
Tahun
1
|
Tahun
2
|
Tahun
3
|
Tahun
4
|
Tahun
5
|
Pendapatan
|
288.000.000
|
576.000.000
|
864.200.000
|
1.152.000.000
|
1.440.000.000
|
Pengeluaran (rinci):
Periode
|
Tahun
1
|
Tahun
2
|
Tahun
3
|
Tahun
4
|
Tahun
5
|
Pengeluaran
|
349.032.000
|
698.064.000
|
10.47.096.000
|
13.96.128.000
|
17.45.160.000
|
LabaSebelum Pajak :
Periode
|
Tahun
1
|
Tahun
2
|
Tahun
3
|
Tahun
4
|
Tahun
5
|
LSP
|
61.032.000
|
122.064.000
|
183.096.000
|
244.128.000
|
305.160.000
|
Analisa
Kelayakan Usaha:
Analisis
Titik Impas (Break-Even Point):
Biaya Tetap : Biaya administrasi umum + Biaya sewa toko
:
2.400.000 + 12.000.000
: 16.400.000
Biaya
Variabel : Biaya material + Biaya tenaga kerja langsung
:
623.000 + 600.000
: 1.223.000
Total Biaya : Biaya tetap + Biaya variable
: 1.503.000 + 1.223.000
: 2.726.000
Kuantitas Impas : Biaya Tetap/(Harga-Biaya Variabel Per
unit)
BEP unit :
1.223.000/(160.000-625)
: 1.223,4 unit
BEP Rupiah :
160.000 X 1.223,4 unit
: Rp 35.680.000
Titik impas penjualan
terjadi ketika penjualan Rp. 35. 680.000 dengan unit produk yang dijual
sebanyak 1.223,4 unit.
Net
Present Value:
NPV : ∑_(t:0)^n▒CFt
(1+r)t
Dimana:
NPV : Net Present Value
CFt : Aliran kas yang diterima pada period ke-t
r :
Tingkat suku bunga yang berlaku
t :
Periode waktu yang digunakan
NPV : - 154.222.000 + (216.000.000/((1+0.10)1)
NPV : - 154.222.000 + 196.363.636
NPV : Rp. 42.141.636
Dari perhitungan diatas
didapatkan nilai NPV positif, sehingga investasi Rujak Es Krim Raya
direkomendasikan untuk dilaksanakan.
Internal
Rate of Return (IRR)
IRR : ∑_(t:0)^n▒CFt
(1+IRR)t
Dimana:
IRR : Internal Rate of Return
CFt : Aliran kas yang diterima pada period ke-t
t :
Periode waktu yang digunakan
0 : - 154.222.000
+((216.000.000/(1+IRR)1))
IRR : 14 %
Sehingga agar investasi
dikatakan layak, investasi harus mampu memberikan tingkat keuntungan lebih
besar dari 14%.
Demikian contoh makalah tentang kewirausahaan yang dapat saya berikan, mudah-mudahan dengan adanya contoh makalah ini dapat membantu kalian dalam mengerjakan tugas dan pula dapat menambah wawasan bagi kalian yang gemar belajar dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Semoga sukses, terima kasih.